Sabtu, 11 Agustus 2012



PENGANTAR ADMINISTRASI DAN MANAJEMEN


Dalam dunia kerja saat ini istilah administrasi dan manajemen tentu sudah banyak menjadi acuan dalam mencapai suatu tujuan khususnya dalam bidang perkantoran.administrasi berasal dari bahasa yunani yang berarti suatu proses kerja sama antaradua orang atau lebih untuk mencapai suatu tujuan bersama yang telah ditetapkansebelum. Sedangkan manajemen adalah suatu proses mengantur,mengendalikan,danmelaksanakan proses kerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

DEFENISI ADMINISTRASI MENURUT PARA AHLI
1. Leonard D white (1955: P.1) merumuskan sebaagai "administration is a process comman to all group effort public or provaate, civil or millitaaary,large scaale or smaall scall" (administrasi adalah suatu proses yang biasanyaterdapat pada semua usaha kelompok baik usaha pemerintah, ataupun swasta,sipil atau militer baik secara besar-besaran ataupun kecil-kecilaan)
2.  H.A.Simon (1961:P.3) "administration can be defined aas the aactivitiesa if group cooperating to accomplish common goals" (administrasi dapatdidefenisikan sebagai kegiatan kelompok orang-orang yaang melakukankerjasama untuk mencapai tujuan bersama)
3.  Dwoght Waldo (1971:P.20) "administrasi adalah suaatu bentuk daya upayamanusia yang kooperatif yang mempunyai tingkat rasionalaiteit yaang tinggi":
4. The Liang Gie (1965:P.5) "administrasi adalah segenap proses penyelenggaraaaan dalam segenap usaha kerjasama sekelompok manusia untuk mencapai tujuan tertentu". defenisi ini mendapat perubahan (1972:P.a37) yatiu peoses penyelenggaraan diganti dengan rangkaian penaataaan.kemudian lebih disempurnakan (1977:13) yaitu administraasi adalah segenaprangkaian kegiatan terhadap pekerjaan pokok yang dilakukan oleh sekelompok orang dalam kerjasama mencapaai tujuan tertentu.
5. S.p siagiaan (1985:P.3) " adalah keseluruhan proses kerjasama antara duaorang manusia atau lebih yang didasarkan pada rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.6.Parajudi Atmosudirjo (11975 : P) administrasi adalah pengendalian dan penggerakk dari suatu organisasi sedemikiaan rupa sehingga organisasi itumenjadi hidup dan bergerak menuju ketercapainya segala sesuatu yang telahditetapkan oleh administrator yakni kepala organisasi

DEFENISI MANAJEMEN
Manajemen berasal dari bahasa latin yaitu dari adal kata manus yang berarti tangandan agere yang berarti melakukan. kata-kta itu digabung menjadi kata kerja managereyang berarti menangani, managere diterjemahkan kedalam bahasa inggris dalam bentuk kata kerja to manage untuk orang yang melakukan kegiatan manajemenakhinya management diterjemahkan kedalam bahasa indonesia menjadi manajemen/ pengelolaan.

DEFENISI MANAJEMAN MENURUT PARA AHLI
1.  Koontz and Donnel (1972) " management is getting thing done through theefforts of other people" (manajemen adalah terlaksananya pekerjaan melaluiorang-orang lain )
2.  Millet (1954) " management is the process of directing and fasilitating thework of people organized informal group to achieve a desire goal"(manajemen adalah proses memimpin dan melancarkan pekerjaan dari orang-orang yang terorgasisir secara formal sebagai kelompok untuk memperolehtujuan yang diinginkan
3. Davis (1951) "management is the fuction of the executive leadership anywhere" ( manajemen adalah fungsi dari setiap kepemimpinan eksecutif dimanapun)
4.  Kimball and Kimball (1951)"management embraces all dities and functionthat pertain to the provicion of necessary is to operate and the selection of the principal office "( manajemen terdiri dari semua tugas dan fungsi yangmeliputi penyusunan sebuah perusahaan, pembiayaan, penetapan garis-garis besar kebijaksanaa,penyediaan semua peralatan yang diperlukan dan penyusunan kerangka organisasi serta pemilihan para pejabat terasnya.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa manajemen mutlak diperlukan dalam setiap bidang kegiatan usaha yang melibatkan 2 orang atau lebih untuk mencapai tujuantertentu dengan melalui kerja sama serta dengan memanfaatkan sumber-sumber lain.

UNSUR-UNSUR MANAJEMEN
Unsur manajemen adalah sesuatu yang menjadi bagian mutlak sebagai pembentuk manajemen banyak yang mengemukakan bahwa unsur manajemen seperti yangdikemukakan oleh G.R Terry dengan istilah the six M'S in management (6M didalammanajemen), yaitu man, money, materials, market, and methods.sesuai dengan pengertian manajemen y aitu suatu kegiatan usaha kearah pencapaiantujuan tertentu dengan melalui kerja sama orang lain serta dengan pemanfaatan sumber-sumber lain maka unsur-unsur manajemen meliputi:
1. Manusia (manusia pemimpin,manusia pelaksana,dan atau manusia objek  pelaksana
2.   Tujuan yang hendak divapai sebagai pemegangan titik pengarahan
3.  Wadah yakni badan /organisasasi sebagaai tempat orang-orang melakukankerja sama
4.  Alat atau sarana mencapai tujuan
5.   Kegiatan /aktivitas seperti perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dsb

HUBUNGAN ANTARA ADMINISTRASI & MANAJEMEN
Hubungan administrasi dan manajemen adalah:
1.  Dalam penerapan adminstrasi dan manajemen tidak dapat dipisahkan hanyakegiatannya yang dapat dibedakan
2.  Adminmistrasi bersifat konsep menentukan tujuan dan kebijaksanaan umumsecara menyeluruh sedangkan manajemen sebagai subkonsep yang bertugasmelaksanakan semua kegiatan untuk mencapai tujuan dan kebijaksanaan yangsudah tertentu pada tingkat administrasi
3.   Administrasi lebih luas dari pada manajemen karena manajemen sebagai salahsatu unsurt dan merupakan inti dari administrasi sebagai pelaksana yang bersifar operasional melainkan mengatur tindakan -tindakan pelaksanaan olehsekelompok orang yang disebut "bawahan" jadi dengan manajemenadministrasi akan mencapai tujuannya

INTI DARI MANAJEMEN
inti manajemen menurut para ahli adalah sbb:
1. Dimork danKoening(1960) "leadership is the key to management” (kepemimpinan adalah inti dari manajemen)
2.    Siagian (1981) mengemukakan "kepemimpinan merupakan motor penggerak dari semua sumber-sember dan alat-alat” (resoures) yang mengisahkan sebuah buah -buahan yang dikulitnya diumpamakan dengan admnistrasi, dagingnya diumpamakan dengan manajemen dan bijinya adalah kepemimpinan maksudnya sama halnya dengan manajemen maka yang pertama tama disoroti adalah kulitnya bagian luar "administrasi " kemudian intinya yaitu manajemen selanjutnya bertemu denga inti dari manajemen disebut denga kepemimpinan (leadership) maka baik tidaknya buah itu nanti sangat bergantung pada kwalitas bijinya kaitannya dengan manajemen baik tidaknya manajemen bergantung pada baik tidaknya kepemimpinan
Sumber: http://www.scribd.com/doc/20485980/Pengantar-Administrasi-Dan-Manajemen

1 komentar:

  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus